Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Mitra dagang utama AS telah bereaksi dengan marah setelah Presiden Donald Trump

Posted on

Mitra dagang utama AS telah judi mix parlay  bereaksi dengan marah setelah Presiden Donald Trump mengumumkan rencana untuk mengenakan tarif impor baja dan aluminium.

Kanada dan Uni Eropa mengatakan bahwa mereka akan membawa langkah balasan mereka sendiri ke tarif baru yang curam.

Meksiko, China dan Brazil juga mengatakan bahwa mereka menimbang langkah pembalasan.

Mr Trump tweeted bahwa AS telah "hancur oleh perdagangan yang tidak adil dan kebijakan yang buruk". Dia mengatakan impor baja akan menghadapi tarif 25% dan aluminium 10%.

Namun, kritikus berpendapat bahwa tarif akan gagal melindungi pekerjaan Amerika dan pada akhirnya akan menaikkan harga konsumen.

Berita tersebut mengirim saham di Asia turun pada hari Jumat, dengan benchmark Jepang Nikkei 225 kehilangan lebih dari 2% pada pertengahan pagi.

Saham raksasa manufaktur mobil Jepang Toyota turun lebih dari 2% dan saham Nippon Steel turun lebih dari 4%.

Toyota mengatakan keputusan AS akan "berdampak buruk pada pembuat mobil, komunitas dan konsumen pemasok otomotif".

Apa yang akan dilakukan China dalam perang dagang AS?
Dimana Trump berdiri di dunia perdagangan
Apa reaksi politiknya?
Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan, tarif tersebut akan membuat ribuan pekerja Eropa berisiko.

"Kami tidak akan duduk diam sementara industri kami terkena dampak yang tidak adil," katanya. "Uni Eropa akan bereaksi tegas dan sepadan untuk membela kepentingan kita."

Image copyrightGETTY GAMBAR
Keterangan gambar
Pabrik baja Eropa, seperti yang ini di Jerman, bisa terkena tarif AS
Di Kanada, pemasok baja dan aluminium terbesar ke AS, menteri perdagangan Francois-Philippe Champagne mengatakan bahwa tarif akan "tidak dapat diterima".

Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland mengatakan Kanada akan mengambil "tindakan responsif" jika pembatasan diberlakukan namun tidak memberikan rincian.

Dalam reaksi lain:

Brasil, juga eksportir baja besar ke AS, mengancam tindakan "multilateral atau bilateral" untuk melindungi kepentingannya
Menteri Perdagangan Australia Steven Ciobo mengatakan pengenaan tarif tersebut akan mengganggu perdagangan "dan akhirnya ... menyebabkan hilangnya pekerjaan"
Federasi industri baja Jerman, Stahl WV, mengatakan bahwa tindakan AS telah melanggar peraturan Organisasi Perdagangan Dunia dan akan berdampak besar pada pasar baja Jerman.
Bagaimana reaksi China?
Negara yang memproduksi lebih dari separuh baja dunia tidak memberikan tanggapan resmi segera namun sudah ada indikasi bahwa mereka akan mempertimbangkan semacam pembalasan.

Li Xinchuang, wakil sekretaris jenderal Asosiasi Besi dan Baja China, mengatakan bahwa dampaknya terhadap China tidak akan besar, dan menambahkan: "Tidak ada yang dapat dilakukan terhadap Trump. Kami sudah mati rasa kepadanya."

Baja China kecil langsung mencapai pelabuhan AS, kantor berita Reuters mencatat, karena sebelumnya ada tugas anti-dumping, yang dirancang untuk mencegah negara-negara menjual produk mereka dengan harga yang dianggap tidak adil.

Namun, eksekutif industri baja AS mengatakan baja China masih banyak dikirim ke AS melalui negara-negara ketiga.

Penasihat ekonomi utama Presiden Xi Jinping, Liu He, bertemu dengan administrasi Trump pada hari Kamis untuk perundingan "jujur ​​dan konstruktif", kata seorang pejabat Gedung Putih.

Bagaimana tanggapan pasar lain?
Di Korea Selatan, sumber baja terbesar ketiga di Amerika Serikat, saham raksasa baja Posco turun lebih dari 3,5%. Indeks patokan Kospi turun mendekati 1,5%.

Di China, investor sepertinya kurang memperhatikan tarif baru tersebut. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,7%, sedangkan Shanghai Composite turun 0,7%.

Di Australia, indeks patokan S & P / ASX 200 telah kehilangan 1% pada perdagangan tengah hari, terseret oleh kerugian komoditas. Saham di perusahaan pertambangan raksasa BHP Billiton turun lebih dari 1,5%.

Apa kata Trump?
Trump berjanji untuk membangun kembali industri baja dan aluminium AS yang menurutnya telah menderita perlakuan "tercela" dari negara lain, khususnya di China, selama beberapa dekade.

"Bila negara kita tidak bisa membuat aluminium dan baja ... Anda hampir tidak memiliki banyak negara," katanya.

"Kami membutuhkan pembuat baja besar, pembuat aluminium yang hebat untuk pertahanan."

Image copyrightGETTY GAMBAR
Keterangan gambar
AS bergantung pada impor baja dari lebih dari 100 negara
Pengumuman Mr Trump sedikit tertunda  agen bola mix parlay  di tengah laporan ketidaksepakatan di antara para pembantunya.

Lebih dari selusin eksekutif logam, termasuk perwakilan dari Steel Corp AS dan Arcelor Mittal, berdiri di sampingnya saat dia mengumumkannya.

Selama kampanye kepresidenannya, Trump mengatakan bahwa negara-negara asing "membuang sejumlah besar baja ke seluruh Amerika Serikat, yang pada dasarnya membunuh pabrik baja dan baja kita".

Sejak menjabat dia mengatakan impor murah dari China merugikan kelangsungan hidup industri di AS.

Apa bentuk industri baja AS?
AS mengimpor baja empat kali lebih banyak daripada ekspor dan bergantung pada baja dari lebih dari 100 negara.

Departemen Energi AS mengatakan industri baja pulih setelah merosot menyusul krisis keuangan tahun 2008.

Tapi ini adalah industri yang secara signifikan lebih lemah daripada pada pergantian milenium. Pada tahun 2000 produksi AS

Comment on this post